Sabtu, 04 Desember 2010

DeSa Ranah

1. ProfiL
Desa Ranah terletak di kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Desa Ranah merupakan suatu Desa yang Harmonis dan termasuk Desa yang lingkungan nya masih asri atau tumbuh-tumbuhan masih hijau. Kalau masuk dari simpang Ranah jalan memasuki desa Ranah kita dapat melihat rumpun bambu yang tumbuh dipinggir jalan menuju ke desa Ranah. Desa Ranah juga ter dapat pom air bersih yang bisa dipakai oleh masyarakat desa Ranah pada khusus nya dan masyarakat kecamatan Kampar pada umum nya. Desa Ranah juga merupakan Penghasil ikan patin terbesar di Riau. Dan telah diprogramkan oleh Pemda setempat untuk menjadikan Desa ini pusat indusri ikan Patin Nasional.
Pada dulu nya sebelum pemekaran Desa ini termasuk desa yang paling luas diantara desa-desa yang ada di Kecamatan Kampar. Tapi, setelah pemekaran Desa ini di bagi menjadi 3 Desa. Yakni : Desa Ranah Baru, Desa Ranah Bukit, dan Desa Ranah.



2. Masyarakat
Masyarakat desa Ranah masih kental aroma adat istiadatnya dan keagamannya. Di desa ini masyarakat sangatlah dilarang keras untuk melakukan maksiat seperti  contohnya berjudi, meminum minuman keras dan lain-lain sebagainya. Jikaulau kedapatan akan diberi sangsi sesuai dengan adat yang ada di desa Ranah,dan kalau emang tidak bisa ditindak sesuai adat maka yang melakukan akan ditindak sesuai hokum yang berada dinegara Indonesia.
Kehidupan masyarakat desa Ranah pada umum nya adalah bercocok tanam, mayoritas hasil dari pertanian tersebut dimakan atau pun dijual untuk membiayai kehidupan sehari-hari keluarga. Dan juga masyarakat desa Ranah selain bercocok tanam penghasilan masyarakat adalah berkaramba yakni berternak ikan disepanjang sungai Kampar. Pada umumnya ikan yang diternak yaitu ikan patin.



3. adat istiadat
Masyarakat desa Ranah terbagi dari beberapa suku diantara lain : Bendang, Piliang, Domo, Pitopang, Kampai dan lain-lain. Suku asli di Desa Ranah yaitu suku Bendang dan Suku Piliang. Suku Bendang merupakan Suku tertua didesa Ranah. Yang membuktikan suku tersebut adalah suku yang paling tua didesa tersebut adalah adanya Rumah Tuo Bendang yang terletak km.3 dari jalan raya pekanbaru bangkinang. Dan merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Kampar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar